Istri Pakaian Bagi Suami, Suami Pakaian Bagi Istri

alhikmah.ac.id – Suami dan istri digambarkan oleh Alqur’an sebagai pakaian yang saling menutupi satu dengan yang lain, firman Alloh:
هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَأَنتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ

Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka.

QS Al Baqarah 2: 187

Betapa indahnya Allah swt mengumpamakan kehidupan rumah tangga suami istri itu seperti badan dan pakaian  (busana). Bila direnungkan minimal ada 4 fungsi dan manfaat pakaian

1. Penutup Aurat

Maknanya bahwa suami istri itu harus saling menutupi kekurangan atau hal yang dianggap aib bagi keduanya, baik secara pisik atau perilaku. Hanya mereka berdua yang tau kelemahan dan kekurangan masing masing  yang  selanjutnya diadakan perbaikan dan penyempurnaan.

2. Perhiasan.

Maksudnya bahwa perhiasan itu lazimnya merupakan kebanggaan bagi pemiliknya. Maka  istri dan suami itu sama sama berusaha untuk menjadikan kebanggan satu sama lain . Keduanya harus berlomba  menghiasi akhlak prilakunya dengan akhlak yang terpuji yang bersumber dari Kalamullah atau Sabda Rasulullah saw.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah.”HR Muslim No 2668

3. Identitas.

Semakin baik pemahaman Islam seseorang semakin baik kwalitas amaliyah nyatanya. Maka ada benarnya bila seseorang menilai yang lainya melihat, salah satunya, cara berpakaiannya.

4. Penjagaan.

Berbusana yang baik bisa menjaga dari panas dan dinginnya cuaca. Maka suami istri harus berusaha saling menjaga hal hal yang bisa merusak kemesraan, kebahagian, ketenangan rumah tangga.

Semoga Allah swt  selalu memudahkan hambaNya agar selalu menetapi  hukum dan syariat-Nya. Amiiin . Semoga manfaat. Wallohu alam bisshowab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.