Kunjungan Syeikh Yusuf Al Qaradawi ke Gaza

alhikmah.ac.id – Ketua Federasi Ulama Muslim Dunia, Sheikh Yusuf al-Qaradawi memulai kunjungan bersejarah ke Jalur Gaza (8/5/2013) melalui Mesir Rafah. Qaradawi datang dengan ditemani delegasi ulama dari 14 negara.

Kunjungan yang berlangsung 48 jam dari Rabu malam, atas undangan dari Perdana Menteri Palestina Ismail Haniyeh.

Haniyeh mengumumkan sebuah festival meriah kunjungan ini, ia menulis dalam Tweet-nya di Twitter “Hamas mengumumkan pembentukan Festival reli massa Kamis depan untuk menandai Sheikh Yusuf al-Qaradawi memulai kunjungan ke Gaza, bersama delegasi ulama.”

Seorang anggota Federasi Ulama Muslim Internasional, Syekh Abdul Salam Bassiouni mengatakan kunjungan ini bertujuan untuk mendukung ketabahan rakyat Palestina, dan menunjukkan diri bersama warga Gaza pahlawan menolak pengepungan dan pertumpahan darah serta pengorbanan mereka yang luar biasa.

Bassiouni mengatakan bahwa kunjungan Qaradawi dalam kunjungan merupakan simbol besar yang menunjukkan partisipasi ulama dari berbagai negara, yang dipimpin oleh al-Qaradawi, meskipun kondisi kesehatannya.

Delegasi ulama dari 14 negara antara lain adalah dari Mesir, Qatar, Arab Saudi, Suriah, Palestina, Yordania, Libya, Tunisia, Maroko, Pakistan, India, Sri Lanka, Australia dan Inggris.

Kunjungan meliputi program yang dimulai dengan konferensi pers Qaradawi dan Perdana Menteri Ismail Haniyeh di Rafah. Dilanjutkan dengan pertemuan dengan para menteri di Gaza, kemudian kunjungan ke rumah pendiri Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), Sheikh Ahmed Yassin.

Menteri Wakaf dan Urusan Agama di Gaza, Ismail Radwan mengatakan bahwa kunjungan tersebut menegaskan bahwa masalah Palestina adalah mendapatkan suatu dimensi integral, yang membawa seluruh warga Muslim, karena mereka datang untuk menyudahi pengepungan Gaza.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.