Manfaat Buah Kurma Untuk Berbuka Puasa

alhikmah.ac.id – Setiap datangnya bulan suci Ramadhan, akan banyak kita jumpai berbagai makanan dan minuman yang sering muncul untuk dikonsumsi pada saat berpuasa nanti. Baik sebagai menu sahur, ataupun berbuka puasa.

Salah satu menu yang pasti kita temui adalah buah kurma. Pohon kurma adalah salah satu buah yang paling banyak disebut dalam Al Qur`an. Setidaknya, sebanyak dua puluh kali nama buah ini disebut. Lima belas ayat menyebutnya bersama dengan tumbuhan lainnya, sebagai karunia Allah bagi umat manusia.
Tapi tahukah Anda, mengapa kurma banyak disebut Al-Quran dan juga disukai Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassallam.

Buah yang memiliki nama latin dactylifera phoenix ini, diyakini mempunyai segudang keistimewaan dan manfaat yang sangat baik untuk tubuh manusia. Hal ini tidak hanya dibuktikan secara ilmiah semata, tetapi juga telah termaktub dalam al-Qur’anul karim dan sabda Nabi Salallahu ‘alahi wassalam.
Seperti di antaranya dalam surat Ar-Rahman ayat 11 dijelaskan;

وَفِي الأَرْضِ قِطَعٌ مُّتَجَاوِرَاتٌ وَجَنَّاتٌ مِّنْ أَعْنَابٍ وَزَرْعٌ وَنَخِيلٌ صِنْوَانٌ وَغَيْرُ صِنْوَانٍ يُسْقَى بِمَاء وَاحِدٍ وَنُفَضِّلُ بَعْضَهَا عَلَى بَعْضٍ فِي الأُكُلِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang memiliki kelomak mayang”. Juga ayat lain “Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.” (Q.S Ar-Ra’d: 4)

Walaupun tidak disebutkan secara spesifik manfaat dari buah kurma, tetapi sungguh jika sesuatu terdapat dalam Al-Qur’an, maka pastilah ia merupakan sebuah kebenaran.

Manfaat buah kurma untuk buka puasa

Mudah dicerna
Mengawali buka puasa dengan makan buah kurma tidak akan mengagetkan perut yang telah berpuasa seharian dan lebih dari 12 jam. Ini karena kurma lebih mudah dicerna oleh sehingga sangat ramah di perut. Buah kurma yang dimakan akan mengeluarkan zat yang mengaktifkan sistem pencernaan yang telah beristirahat selama berpuasa.

Mengandung gula alami
Buah kurma mengandung glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang merupakan gula alami dan baik untuk menstabilkan gula darah setelah sempat drop karena puasa. Tetapi, kurma juga merupakan buah yang rendah kalori sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk mengembalikan energi tubuh.

Tinggi kandungan serat
Kurma memang buah-buahan kering yang sedikit mengandung air, akan tetapi kandungan seratnya cukup baik bagi tubuh. Kurma akan mencegah sembelit selama bulan puasa akibat tubuh kekurangan cairan.

Isi ulang energi
Kurma merupakan sumber energi karena kandungan glukosa yang terdapat di dalamnya. Dengan mengonsumsi kurma saat berbuka merupakan cara yang tepat untuk mengembalikan energi setelah berpuasa. Namun bagi penderita diabetes, sebaiknya batasi makan kurma karena kandungan glukosa yang tinggi juga kurang baik untuk orang dengan diabetes.

Menyeimbangkan tingkat keasaman darah
Kurma memiliki kandungan yang dapat menyeimbangkan tingkat keasaman darah yang cenderung meningkat saat berbuka. Biasanya peningkatan keasaman darah ini karena konsumsi daging dan karbohidrat ketika makan untuk berbuka puasa.

Manfaat buah kurma untuk berbuka puasa memang begitu banyak. Akan tetapi, jangan langsung makan kurma secara berlebihan. Konsumsi buah kurma secara perlahan, nikmati kenikmatannya agar Anda juga dapat merasakan manfaatnya.

sumber : hidayatullah(dot)com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.