Perlindungan Allah Untuk Muslim Yang Wafat Di Hari Jum’at

alhikmah.ac.id – Beruntunglah muslim yang wafat di hari jumat. Ada kabar gembira untuk mereka. Rasulullah saw bersabda,

“Setiap Muslim yang wafat pada siang hari Jumat atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur.” ( HR Ahmad dan Tirmizi ).

Hadits di atas turut dishohihkan oleh Syeikh Nashiruddin Al-Albani seperti tercantum di dalam kitab Ahkamul-Janaiz halaman 49-50.

Seorang ulama, Al-Mubarakfuri memberi syarh (keterangan) tentang hadits ini, sebagaimana tercantum dalam kitabnya Tuhfatul Ahwadzi Syarh Jami Tirmidzi, “Jika Allah ta’ala mewafatkan seseorang bertepatan pada hari Jum’at, maka hal itu adalah tanda kebahagiaannya dan tanda bahwa tempat kembalinya adalah baik. Karena seseorang tiadk dicabut nyawanya pada hari Jum’at kecuali orang tersebut telah ditulis kebahagiaan di sisi-Nya. Oleh sebab itu Allah menjaganya dari fitnah kubur.”

Ini adalah keistimewaan untuk umat muslim. Sedangkan untuk orang kafir, tidak berlaku hadits di atas. Karena redaksi hadits sendiri sudah menegaskan bahwa yang dijaga oleh Allah swt dari fitnah kubur adalah seorang muslim.

Mungkin ada pertanyaan mengenai seorang muslim pelaku maksiat yang wafat pada hari Jum’at, apakah berlaku padanya jaminan Allah ini? Hal ini tentunya merupakan perkara ghaib yang dikembalikan kepada Allah apakah Allah Al-Ghofur akan mengampuninya atau tidak. Yang jelas, secara umum Allah memberi jaminan perlindungan kepada seorang muslim. Dan kita tidak bisa menentukan secara khusus siapa-siapa saja yang akan mendapatkan pembebasan adzab kubur karena wafat di hari Jum’at.

Untuk orang yang wafat selain hari jumat, memang Allah tidak menjamin akan bebas dari adzab kubur. Tapi semua berpulang kepada amalannya selama hidup. Bila seorang muslim tidak melakukan dosa-dosa yang menyebabkan ia diadzab dalam kubur, tentu hari apa pun ia wafat tetap akan selamat dari adzab kubur.

Allahua’lam bish-showab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.