Suplemen Aktivis Dakwah Kampus

alhikmah.ac.id – Kita berpamitan kepada kedua orang tua untuk pergi berhijrah menimba ilmu di luar kota,luar pulau, bahkan ke luar negeri. Itulah kewajiban kita sebagai seorang anak.

Namun tidak berhenti sampai di situ saja,sebagai seorang Muslim kita diwajibkan untuk menyeru kepada kebaikan seperti apa yang telah di Firmankan oleh Allah SWT. dalam
QS. Ali Imran ayat 104 yang artinya : “Hendaklah ada di antara kalian segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. Mereka itulah orang-orang yang beruntung”
Juga disebutkan dalam QS.Ali Imran ayat 110, yang artinya : “Kalian adalah umat terbaik yang dilahirkan bagi umat manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar dan beriman kepada Allah” .
Atas dasar itulah kita berkewajiban untuk menjadi aktivis dakwah kampus yang senantiasa aktif baik di dalam maupun di luar kampus yang tidak hanya menuntut kita untuk selalu aktif kuliah tetapi harus juga aktif diberbagai organisasi ke Islaman baik yang ada di luar maupun yang ada di dalam kampus tempat kita menimba ilmu.
Kita juga tidak hanya berlomba-lomba dalam mengasah intelektual sebagai salah satu bekal jasadiyah kita ,tetapi juga spiritual yang nantinya menjadi pelembut Ruhiyah kita.
Ada beberapa amalan yang apabila dikerjakan secara istiqomah,maka akan membuat kita menjadi aktivis yang mantap dalam mengarungi terjalnya medan dakwah di kampus.
Pertama
Solat Fardhu Berjama’ah di Masjid paling tidak tiga kali dalm sehari karena jika kita solat berjamaah di masjid sampai kurang dari tiga kali,maka kita termasuk orang yang kalah.
Rosulullah telah menjelaskan keutamaan sholat fardhu berjama’ah di masjid dengan Hadits  Dari Ibnu Umar RA. Sesungguhnya Rosulullah bersabda “Solat Berjamaah 27 Derajat Lebih Utama daripada Sholat Sendirian” (HR.Malik,Bukhari,Muslim,Tirmidzi,dan Nasa’i)
Kedua
Qiyamullail (Solat Malam) setidaknya dua kali dalam sepekan,karena banyak sekali keutamaan yang dapat diraih di Qiyamullail ini salah satunya adalah agar kita diangkat ke tempat yang terpuji,sesuai dengan Firman Allah SWT dalam QS.Al-Isra’ ayat 79 : “Dan pada sebahagian
malam hari bersembahyang tahajud-lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah
mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji
Ketiga
Tilawah dengan Sistem One Day One Juz,karena dengan rutin tilawah maka hati kita akan tenteram dan banyak sekali manfaat dari tilawah bagi diri kita salah satunya yang telah dijelaskan oleh Hadits Nabi SAQ yang artinya:
“Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” (HR.Muslim)
Keempat
Sholat Dhuha Minimal Empat Kali dalam Sepekan,karena sholat dhuha merupakan pengganti sedekah persendian yang ada di tubuh kita
Selain dari keempat yang telah diuraikan di atas, masih ada suplemen penambah bagi para aktivis dakwah diantaranya memperbanyak bersedekah,rajin bersilaturrahim antar sesame muslim,serta selalu memperluas dan memperdalam pengetahuan, baik pengetahuan yang bersifat keagamaan maupun pengetahuan yang bersifat wawasan pengetahuan umum.
Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.