Syaikh Al-Qaradhawi Kecam Perlakuan ISIS Terhadap Tawanan Perang

alhikmah.ac.id – Ketua persatuan ulama Muslim sedunia (IUMS), Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi, mengecam perlakuan ISIS terhadap para tawanan perang. Karena tawanan perang adalah termasuk golongan lemah yang harus dikasihani dan diperlakukan secara manusiawi.

Dalam keterangan yang dirilis situs resmi IUMS, Rabu (4/2/2015) kemarin, “Islam memasukkan tawanan perang dalam golongan orang lemah yang harus dikasihani, diperlakukan dengan baik, sama seperti orang miskin dan anak yatim. Mereka harus diperlakukan secara manusiawi, dilindungi hak-haknya, dan dipelihara sisi kemanusiaannya.”

Menanggapi cara esksekusi mati pilot Yordania yang dijatuhkan ISIS, Muath Al-Kaseasbeh, Syaikh Al-Qaradhawi mengatakan, “Adapun yang kita lihat sekarang, ISIS kadang menyembelih tawanan, atau membakarnya, ini bertentangan dengan ajaran Islam dalam cara membunuh. Rasulullah saw. Bersabda, “Jika kalian membunuh (qishash), maka lakukanlah dengan cara yang baik.” [HR. Muslim]. Apalagi Rasulullah juga bersabda dalam hadits riwayat Ahmad, “Hanya Tuhan Pemilik api yang boleh menyiksa dengan api.”

Terakhir, beliau mengingatkan bahwa sikap seperti ini adalah disebabkan sempitnya pengetahuan dan kesalahan dalam mendidik. Fanatisme mereka itu tidak benar. Apa yang mereka lakukan bahkan kadang bukan disebabkan motivasi agama, walaupun mereka mengenakan pakaian agamis. Sering disebabkan masalah sosial, ekonomi dan juga politik.” (msa/dakwatuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.